Sites Google Konten Pendidikan
https://sites.google.com/guru.sma.belajar.id/goodmansiadari81
Pembelajaran jarak Jauh google meet mata pelajaran matematika materi program linier :media geogebra dan mathtype
Pembelajaran jarak jauh (PPJ) media google meet mata pelajarjan matemtika materi pertidaksamaan rasional dan irasional
Pembelajaran jarak jauh GOOGLE MEET MATERI LOGARITMA: Media Mathtype .
Pembelajaran jarak jauh GOOGLE MEET MATERI TRASNFROMASI GEOMETRI
Menambahakan Apiikasi control accepting response pada di ADD-ON formulir
Sites Google Konten Pendidikan
https://sites.google.com/guru.sma.belajar.id/goodmansiadari81
LIHAT TABEL/DOWNLOAD TABEL MANTIS LOGARITAMA BASIS 10 DI SINI
Silakan latih menentukan nilai logaritma berikut setelah memahami & mencermati cara menentukan nilai logaritma basis 10 di atas.
log 7 = ...
log 12 = ...
log 127 = ....
log 120000 = ...
log 1002 = ...
log 9,3 = ...
Jika log x = 0,9122 maka nilai x = ...
Jika log x = 1,9122 maka nilai x = ...
Jika log x = 2,9122 maka nilai x = ...
Jika log x = 3,9122 maka nilai x = ...
PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI GEOGEBRA (VERSI 6)
OLEH MGMP MATEMATIKA KABUPATEN JEMBER BEKERJA SAMA DENGAN JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNEJ (UNIVERSITAS NEGERI JEMBER)urus MGMP MATEMATIKA SMA KAB.JEMBER DI MASA PJJ
Pengurus MGMP MATEMATIKA SMA KAB. JEMBER JAWA-TIMUR tetap berkreasi tanpa henti untuk meningkatkan profesionalisme Guru Matematika di SMA KAB. JEMBER.
Pada kesempatan ini saya publikasikan rekaman kegiatan MGMP MAT KAB.JEMBER ini atas seijin dari Pengurus MGMP dengan harapan informasi ini menjadi komsumsi umum untuk meningkatkan memampunan menggunakan aplikasi GeoGebra versi 6 dalam pembelajaran matematika. Mohon maaf jika kondisi rekaman belum optimal. Target kami adalah informasi tersampaikan semoga rekaman dikemudian hari semakin baik dan peserta dapat fokus mengatur microphone mute/unmute ketika penyaji sedang memaparkan materinya secara live menggunakan apliksi video confrensi.
Selamat menyaksikan. Terimakasih.
Teorema Determinan Matriks Ordo 2x2 ( silakan unduh >>> KLIK DI SINI)
Berikan komentar Anda setelah mengunduh materi ini.
Ide menulis teorema ini adalah dari pengalaman penulis dalam menyelesaikan soal matematika materi matriks dengan menerapkan konsep determinan pada perkalaian matriks dan persamaan matriks khususnya yang berordo 2x2, Untuk determinan matriks ordo 3x3 silakan bereksplorasi dan berinovasi.
Hasil pembahasan yang berkaitan dengan nilai determinan matriks ordo 2x2 pada perkalian dan persamaan matriks ditemukan hasil akhir yang ada hubungan dengan nilai determinan matriks.
Saya (penulis) menuliskan teorema ini dengan tujuan agar dapat digunakan sebagai rumus-rumus praktis determinan matriks ordo 2x2. Teoremna determinan matriks yang saya tulis ini telah terbukti kebenanarannya (lihat pembuktian determinan) .
Pembahasan soal berkaiatan dengan perkalian atau persamaan matriks yang berordo 2x2 waktu pengerjaaan lebih cepat dan relatif praktis.
Teorema determinan matriks ordo 2x2 dilengkapi dengan pembuktian teorema [silakan unduh untuk melihat penjabaran pembuktiannya]. Teorema diterapkan untuk menyelesaikan soal matriks yang berkaitan dengan nilai determinan berordo 2x2 yang diselesaikan dengan cara cara prkatis. Silakan mempelajari teorema matriks ordo 2x2 dan pembuktiannya semoga bermanfaat. Terimakasih. #MERDEKABELAJAR
RUMUS PRAKTIS DETERMINAN MATRIKS ORDO 2X2 |
PJJ KOMBINASI GOOGLE MEET & GOOGLE CLASSROOM DALAM MENGAJAR MATEMATIKA
PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) istilah kegiatan pembelajaran online atau daring (dalam jaringan) akan efektif jika kolaborasi GM (Google Meet) & GC (Google Classroom) dalam pembelajaran matematika, kendala jika tidak menggunakan GC adalah kesulitan murid menyampaikan pertanyaan berupa soal matematika yang penuh dengan simbolik atau mencoba memberi jawaban dari soal yang ditanyakan oleh guru dan temannya.
Ketika kegiatan PJJ menerapkan GM dan guru berbagi layar sebaiknya guru juga membagikan layar GC. Keuntungan PJJ kolaborasi GM dan GC adalah:
1. Murid dapat bertanya dengan mudah dengan cara menuliskan pertanyaan dan upload pertanyaan di menu FORUM GC.
2. Semua peserta PJJ dapat dengan mudah melihat pertanyaan dari peserta yang lain di menu FORUM GC.
3. Guru dan murid dapat membahas bersama soal tersebut di GM dengan metode presentasi.
4. Para murid tidak harus menulis presentasi dari pembahasan soal, murid cukup fokus melihat dan mengamati presentasi pembahasan soal karena hasil pembahasan soal filenya dapat di upload oleh guru di GC di menu bagian MATERI.
5. Peserta PJJ dapat dengan mudah melihat dan mengakses pembahasan materi di GC yang telah diupload guru.
6. Pada umumnya murid yang mengikuti PJJ dengan media kolaborasi GM dan GC senang karena kegiatan belajar dapat terekan dengan baik dan para murid dapat berinteraksi seperti pembelajaran tatap muka di kelas secaa langsung.
a. Pertanyaan tertulis dapat dilihat di menu FORUM GC (murid atau guru dapat meng-upload pertanyaannya)
b. Jawaban atau pembahasan soal dapat dilihat di menu MATERI GC (Guru wajib upload jawaban)
c. Murid yang mencoba untuk memberi jawabaan atas pertanyaaan yang ada juga dapat menampilkan jawabannya di menu FORUM GC (murid sendiri yang meng-upload jawabannya)
d. Interaksi belajar dibagun komunikatif secara langsung di Google Meet kemudian soal dan pembahasannya terekam dan tersimpan pada GC setelah di upload guru. di menu MATERI GC
Mari "kita" (dibaca para guru) membimbing para murid di Indonesia belajar secara optimal di masa pandemi covid 19 ("belajar nyaman di suatuasi tidak nyaman"), dan kita ajari juga para murid cara belajar sehingga murid belajarnya dapat fokus dan terarah. Cara belajar yang sedang saya terapkan di masa PJJ ini adalah metode belajar AMATIRPM.
Dalam metode belajar AMATIRPM murid diharapkan terlatih untuk melakukan "AMATI TIRU PRAKTEK MANDIRI" dari bahan/material pelajaran dari guru, dan diharapkan ketika praktek mandiri murid juga terlatih melakukan eksplorasi dan invosi mandiri dari materi yang diterima atau dipelajari karena penanaman konsep materi telah dilatihkan melalui proses pengamatan dan meniru dari penjabaran dan penalaran konsep yang disampaikan guru lewat media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Jadi guru mengajar murid belajar dan guru juga kreatif mengajari murid bagaimana cara belajar. Semoga bermanfaat. Mari kita terus bergeliat belajar untuk mengajar dan mengajar untuk yang belajar.
Diharapkan PJJ kombinasi google dan google classroom juga dapat dilatihkan untuk mata pelajaran lainnya setelah membaca artikel sederhana ini.
Selamat melaksanakan PJJ dengan kolaborasi Google Meet dan Google Classrom sehingga layanan yang berfokus pada murid terlayani dan mendukung program mendikbud merdeka belajar.
#merdekabelajar
#belajar dari rumah juga bisa optimal
#metode belajar AMATIRPM
CARA MENAMBAHKAN BATASAN WAKTU AKSES AWAL & AKHIR GOOGLE FORM
Untuk memaksimalkan penggunakan google form (agar formulir semakin berkualitas) di masa pandemi covid 19 & melatih murid disiplin para guru dapat mengoptimalkan penggunaan google form untuk isi daftar hadir murid sesuai jadwal pelajaran mata pelajaran para guru, buat kuis online di google form dan angket dengan menambahakan pembatasan waktu di awal dan akhir akses formulir google form.
Silkan simak video di bawah ini untuk mengetahui cara mengatur waktu akses awal dan akhir google form. Terimakasih. Janggan lupa untuk like, share and subscribe jika dirasa video ini bermanfaat untuk pembelajran daring atau penggunaan formulir di luar kegiatan pembelaran daring.
Silakan download materi word di sini.
Terimakasih.
Berikan komentar Anda setelah mendownload materi atau telah mempelajari materinya.
Semoga bermanfaat,